Advertisements
Album Review Event

Fitur Single: Mery Kasiman Elektro Akustik

Mery Kasiman dan Rahasia Elektro Akustiknya

Yang ngeselin mengenai bunyi sound effects dan synthesizer tebal di single Mery Kasiman yang dirilisnya Februari lalu –Fallin Apart setiap kali mendengarkan ulang selalu saja ada beberapa elemen atau layer baru yang belum saya tangkap sebelumnya.

Ok, mungkin satu dan dua kali pertama dengarkan sekilas saja sambil berpikir apa yang kira-kira membuat Mery merahasiakan rilis awal dari kolaborasi perdana dengan Atasmusic ini (Petra Sihombing, Mono Neurotic, Rizky Argadipraja). Tapi begitu headphone on, nah ini baru saya dapat pengalaman yang berbeda.

Masih teringat kira-kira bulan Februari lalu, out of the blue tiba-tiba dia mengumumkan rilis dari single yang konon rahasia besar ini. Kemudian saya langsung whatsapp “cool, Mer, vokalnya siapa?”

“Gue”. Good, really didn’t see that coming.

Komposer, orkestrator/arranger, pianis, dan pengajar musik Mery Kasiman sejak umur tujuh tahun belajar piano klasik sebelum mendapat gelar Master di Institut Musik Daya Indonesia. Cakupan portofolio film scoringnya, termasuk catatan partisipasi Mery di Indonesian Composer Week untuk film People On Sunday-Curt & Robert Siodmak.

Maka semua latar yang kuat berpengaruh disini, apalagi kalau anda pernah melihat karya Glimpses-nya yang amat tekstural, dengan melodi yang terartikulasi dengan brilian di Teater Salihara 2012 lalu.

Jadi ya, single Fallin Apart yang bernuansa introvert dan kontemplatif, yang musik dan lirik full dinyanyikan dan ditulis sendiri? Ini sudah pasti personal.

Lagipula kepala akademik di Sjuman School of Music, sekaligus keyboardis POTRET sejak 2013 ini memang kelihatannya selalu nyaman bergulir dari ranah jazz, eksperimental, sampai musik populer.

Vokal yang bertutur, progresi simpel dengan layer, dan layer ragam bebunyian synthesizer. Plus tentunya momen tak terlupakan ketika full grup electricnya, lengkap dengan bass synth dan tentu saja drum programming keren gaya post rock pelan-pelan memasuki bagian bridge lagu ternyata..

Introduction buat an awesome keyboard soloo. KUDOS Mery!!

(DJ)

Single Mery Kasiman “Fallin’ Apart” available di Apple Music, Spotify, Deezer dan platform streaming lainnya

“Fallin Apart”
  • Composed by Mery Kasiman
  • Lyrics by Mery Kasiman
  • Producer: Jonathan Mono & Petra Sihombing
  • Recorded at weird Mansion & Jembatan Studio
  • Mixed and Mastered by Rizky Argadipraja

Mery Kasiman: Vocal, Keyboard and Synthesizer

Jonathan Mono: Bass Guitar and Drum Programming

Petra Sihombing: Sound Effect and Drum Programming

Hendra Jaya Putra: Sound Effect and Brass Programming

Upcoming Concert Mery Kasiman at Alur Bunyi, Goethehaus-Jakarta, 11 Juli 2018:

Julian Marantika (Modular Synths)
Indra Perkasa (Modular Synths)
Karel William (Drum)
Ranya Badudu (Vokal)
Windy Setiadi (Akordeon)

 

 

 

 

Advertisements

0 comments on “Fitur Single: Mery Kasiman Elektro Akustik

Leave a Reply

%d bloggers like this: